Pembukaan Kegiatan Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2020
01 Juli 2020, 15:17:27 Operator Web Disnaker

Share to Facebook

Pembukaan Kegiatan Pemagangan Dalam Negeri Tahun 2020

Penyelenggaraan Program Pemagangan merupakan salah satu program prioritas ketenagakerjaan, yang bertujuan untuk menciptakan calon pencari kerja trampil, profesional siap diterima di pasar kerja.

Peserta Pemagangan sebanyak 300 (Tiga Ratus) orang atau 30 (Tiga Puluh) paket dengan 10 (Sepuluh) kejuruan, yang saat pembukaan ini peserta merupakan perwakilan dari masing-masing kejuruan karena terikat dengan standar kesehatan dalam penanganan COVID-19.

Perekrutan dilakukan selama ± 1 (satu) bulan dimana informasi proses perekrutan peserta dilakukan melalui media sosial secara online, melalui link: FKJP dan melalui Instagram FKJP. Antusias peserta untuk ikut pemagangan ini cukup besar. Jumlah peserta secara keseluruhan yang mendaftar sebanyak 415 orang peserta, namun yang bisa diakomodir hanya 300 orang peserta untuk 11 (sebelas) kejuruan yang dibuka, sesuai dengan kesediaan perusahaan-perusahaan untuk menerima peserta pemagangan masing-masing kejuruan.

Penyelenggaraan kegiatan pemagangan ini dilakukan selama 5 (lima) bulan dengan pembagian 1 (satu) bulan pelatihan/pembekalan dan 4 (empat) bulan praktek kerja (Pemagangan), pelaksanaan pelatihan/pembekalan oleh pihak perusahaan yang memiliki lembaga/divisi pelatihan, namun bagi perusahaan tempat pemagangan yang tidak memiliki divisi pelatihan, pelaksanaannya dibantu oleh Lembaga Pelatihan Kerja baik pemerintah maupun swasta. Dalam pelaksanaan pemagangan para peserta akan didampingi oleh pembimbing di perusahaan, yang merupakan karyawan ataupun pekerja yang profesional dan lebih berpengalaman.

Dilaporkan pula kepada Bapak Kepala Dinas, selama mengikuti pemagangan, para peserta akan difasilitasi dengan bantuan sarana peralatan kerja, uang saku, pakaian seragam pemagangan serta seluruhnya diasuransikan melalui BPJS Ketenagakerjaan.