PELUNCURAN BUKU “BELAJAR DARI KAL-BAR” & DISKUSI PENYELESAIAN PERMASALAH LAHAN DALAM KERANGKA PENGEMBANGAN KOMODITI UNGGULAN PADA KAWASAN TRANSMIGRASI DI KALIMANTAN BARAT
01 Oktober 2020, 11:02:40 Operator Web Disnaker

Share to Facebook

PELUNCURAN BUKU “BELAJAR DARI KAL-BAR”  & DISKUSI PENYELESAIAN PERMASALAH LAHAN DALAM KERANGKA PENGEMBANGAN KOMODITI UNGGULAN PADA KAWASAN TRANSMIGRASI DI KALIMANTAN BARAT

Bahwa Adaptasi terhadap perkembangan teknologi saat ini adalah dengan memanfaatkan aplikasi, dan merupakan bagian yang tidak bisa terpisahkan dalam sendi kehidupan. Oleh karenannya melalui pemanfaatan Aplikasi SIPUKAT (Sintem Informasi Terpadu Kawasan Transmigrasi) yang pendekatannya beradasarkan data spasial dengan mendorong produk-produk pada Kawasan transmigrasi untuk di jadikan sebagai produk unggulan daerah.

Pemerintah Provinsi Kalimantan Barat sangat menyambut baik hadirnya Aplikasi SIPUKAT tersebut, disamping dapat mengakses setiap Kawasan Transmigrasi yang ada di Kalimantan Barat, hal ini juga dapat digunakan untuk ngidentifikasi potensi produk dari dalam Kawasan, sehingga dapat dibangun sebuah skema distribusi dan pemasaran yang tepat, cepat dan akurat, serta Menjauhkan warga dari permainan tengkulang dipasar. 

Namun perlu kita tingkatkan dengan pengintegrasian pada sistem pemasarannya yang di akomodir pada e-marketplace, yang bertujuan untuk memberikan kepastian bahwa adanya pembeli dari setiap produk yang telah di claim sebagai produk unggulan.

Selanjutnya perlu melakukan inventarisasi pelaku usaha lokal yang dikerjasamakan dengan BUMDES setempat sehingga penguatan kelembagaan di desa menjadi lebih baik dan siap dalam membuka akses pemasaran produk-produk dimaksud.

Perlu adanya sustainability program pendampingan warga baik dalam pengolahan hasil produksi maupun terhadap pemanfaatan Teknologi Tepat guna serta Teknologi dan Informasi, sebagai upaya transferknowlege bagi masyarakat, dengan demikian wawasan akan semakin terbuka, cara bekerja semakin tertata dan produk semakin memiliki value yang kompetitip.

Informasi dapat di lihat disini