Pontianak – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat menyelenggarakan kegiatan Pembinaan Bursa Kerja di Lembaga Pendidikan Formal dan Lembaga Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Swasta Tahun 2020, Selasa pagi (3/11/2020). Pembukaan rapat oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat, Drs. H. Manto, M.Si, didampingi oleh Kepala Bidang Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja dengan Narasumber/Pemateri Inneke M. Siregar, Kepala Seksi Bursa Kerja Swasta/Khusus Direktorat Penempatan Tenaga Kerja Dalam Negeri Direktorat Jenderal Pembinaan Penempatan Tenaga Kerja dan Perluasan Kesempatan Kerja Kementerian Ketenagakerjaan R.I. yang dihadiri oleh perwakilan Dinas yang membidangi ketenagakerjaan Kabupaten/Kota serta Kepala Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Mempawah dan Kabupaten Sanggau, Ketua Forum Bursa Kerja Khusus (BKK) Provinsi Kalimantan Barat, Kepala Sekolah dari beberapa SMK di Kabupaten Kubu Raya, Kabupaten Mempawah, Kota Singkawang, dan kegiatan ini juga dihadiri oleh Perguruan Tinggi.

Peserta sangat bersemangat untuk hadir karena ingin mendapat informasi Bursa Kerja Khusus dan ingin mendirikan BKK di SMK, tercatat baru 13,12 persen BKK yang berizin yang sudah aktif dari 221 SMK di Kalimantan Barat, dan narasumber menekankan agar aturan-aturan yang ada dilaksanakan dengan sebaik-baiknya, peranan Dinas Tenaga Kerja di Kabupaten/Kota cukup besar, mulai dari tanda daftar, pelatihan kerja yang bersertifikat, mekanisme penempatan tenaga kerja, serta perjanjian kerja harus dapat diawasi oleh Dinas Baik Provinsi/Kabupaten/Kota. Dan kegiatan ini sangat baik karena angka pengangguran SMA kejuruan ini sebesar 15,57 persen atau sebanyak 18.279 orang, artinya peran BKK cukup ampuh jika mampu mempersiapkan tenaga kerja yang dapat langsung bekerja disektor formal dan informal, dengan jumlah penempatan di Tahun 2020 sebanyak 4.996 orang (bekerja), 1.913 orang (berwirausaha), atau yang bekerja sebesar 87 persen.

Kadis Nakertrans, Drs. H. Manto, M.Si mengemukakan penciptaan lapangan kerja menjadi primadona saat ini mesti menjadi perhatian dan SDM yang kompeten; bersertifikat harus dipersiapkan. Bidang Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja (PKPTK).

Pembinaan Bursa Kerja di Lembaga Pendidikan Formal dan Lembaga Pelatihan Kerja dan Penempatan Tenaga Kerja Swasta Tahun 2020
Tag pada: