Pemerintah Dorong Alumni Pemagangan Luar Negeri Jadi Wirausaha Sukses
24 November 2014, 07:52:09 Operator Web Disnaker

Share to Facebook

Pemerintah mendorong alumni pemagangan luar negeri agar dapat berwirausaha dan membuka lapangan kerja baru yang berguna bagi orang lain. Hal ini menjadi salah satu upaya memperluas kesempatan kerja dan menanggulangi pengangguran di Indonesia.

“ Para peserta magang telah kembali ke Indonesia telah memiliki kompetensi kerja dan sikap kerja serta pengalaman kerja yang baik. Oleh karena itu kita kita dorong agar mereka bisa berwirausaha di berbagai bidang pekerjaan,”kata Menaker Muh Hanif Dhakiri di Jakarta pada Jumat (21/11).

Hanif mengatakan selama ini pada perusahaan-perusahaan asal Jepang yang ada di Indonesia yang memang sangat berminat terhadap eks peserta magang. Apalagi peserta magang telah memiliki nilai tambah berupa penguasaan bahasa Jepang, pemahaman adat budaya serta etos kerja yang baik.

Namun, bagi yang berminat untuk berwirausaha, kata Hanif, pihak Kemnaker mendorong para alumni magang lua negri untuk membuka usaha sendiri secara mandiri atau berwirausaha untuk membuka lapangan kerja sendiri,.

“Pemerintah akan memberikan pembinaan lanjutan bagi alumni magang yang akan berwirausaha sesuai dengan keahliannya selama magang. Pada tahap awal mereka akan mengukuti seminar, konsultasi, pelatihan dasar dan pendampingan usaha,“ kata Hanif

Penduduk Indonesia yang berprofesi sebagai wirausahawan masih terbilang minim dan terbatas, baru mencapai 1,65 persen dari total 238 juta penduduk Indonesia

. Padahal idealnya, Indonesia membutuhkan paling sedikit 2 persen dari 238 juta orang penduduk Indonesia atau sekitar 4,76 juta orang wirausaha baru utnuk mendukung stablitas dan pertumbuhan perekonomian negara .

Sementara itu Dirjen Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Binalattas) Kemnaker Khairul Anwar menambahkan saat ini di setiap provinsi telah terbentuk asosiasi alumni pemagangan luar negeri, dan telah dipersatukan dalam wadah Forum Nasional Alumni Pemagangan Luar Negeri.

“Kita berupaya mempererat hubungan antar alumni pemagangan luar negeri, dalam rangka menjalin hubungan usaha antar alumni, sehingga dapat meningkatkan dan mengembangan usaha para alumni pemagangan luar negeri, “ kata Khairul seusai memberikan Seminar dan Business Matching Alumni Pemagangan Luar Negeri di Jakarta pada Jumat (21/11).

Selain asosiasi alumni juga telah dibentuk Ikatan Pengusaha Mantan Kenshushei Indonesia (IKAPEKSI) yang beranggotakan lebih dari 1000 orang, dan terus berkembang.

“Program pemagangan merupakan salah satu strategi untuk meningkatkan kompetensi dan memberikan pengalaman yang sangat diperlukan untuk memasuki dunia kerja, baik sebagai karyawan maupun usaha mandiri, “ kata Khairul.



Pusat Humas Kemnaker