Kanwil Kemenkumham Kalbar dan Disnakertrans Prov. Kalbar Perkuat Kerja Sama Informasi
11 Oktober 2014, 05:02:41 Administrator

Share to Facebook

Kanwil Kemenkumham Kalbar dan Disnakertrans Prov. Kalbar Perkuat Kerja Sama Informasi

Melaksanakan tugas-tugas pemerintahan khususnya di bidang hukum yang semakin berat di masa sekarang ini, membuat Kakanwil Kemenhumkan Kalbar M.J. Baringbing,SH,MH merasa tidak bisa berjalan sendiri tanpa dukungan dari berbagai mitra kerja terkait. Oleh karena itu jaringan kerja dinilai perlu untuk dibangun dan dikembangkan. Untuk maksud tersebut, Kakanwil bersama jajarannya melakukan kunjungan silaturahim ke Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. Kalbar pada Kamis 9 Oktober 2014.

Dalam penjelasan perkenalannya, Kakanwil mengatakan terdapat sejumlah bidang tugas di Instansinya yang dapat dikerjasamakan dengan Disnakertrans Prov. Kalbar. Penjelasan bidang tugas ini juga dinilainya sebagai upaya sosialisasi dengan harapan Disnakertrans dapat menggunakannya sebagai bahan pertimbangan dalam melaksanakan tugas pada sektor ketenagakerjaan dan ketransmigrasian. Pelatihan kerja bagi warga binaan di Lapas, pengendalian Tenaga Kerja Asing di Kalbar, pengurusan HAKI Paten dan Merk merupakan bidang-bidang tugas yang menurutnya berpeluang untuk dikerjasamakan.

Pilosofi penahanan di Lapas saat ini sudah bergeser ke arah pembinaan. Pergeseran ini membuat Kanwil Kemenhumkam dibawah Divisi Pemasyarakatannya harus mengupayakan pembinaan seperti apa agar warga binaan dapat kembali dan diterima masyarakat. Upaya peningkatan kompetensi melalui pemberian ketrampilan kerja oleh Unit Latihan Kerja Disnakertrans merupakan salah satu solusinya.

Pengendalian perijinan TKA oleh Disnakertrans, pada dasarnya sangat menunjang tugas dan fungsi Kanwil Kemenkumham melalui Divisi Imigrasi dalam memantau pemanfaatan perijinan tinggal WNA dalam wilayah NKRI khususnya Kalbar. Sebaliknya bagi Disnakertrans, data dan informasi dari keimigrasian, akan meringankan tugas pengendalian perijinan kerja di Kalbar, dan tentu data dan informasi ini merupakan salah satu potensi PAD Kalbar dibidang perpanjangan perijinan kerja TKA.

Dalam penjelasan sambutannya, Kadisnakertrans Prov. Kalbar Muhammad Ridwan, SH, MH mengatakan bahwa Pemprov. Kalbar melalui Disnakertrans sangat menyambut baik silaturahim dan upaya penggalangan kerjasama yang akan dibangun oleh Kanwil Kemenkumham Kalbar. Upaya ini merupakan sebuah peluang menuju keberhasilan dalam melaksanakan tugas-tugas dan penyelesian masalah TKA di Kalbar. Pada kenyataannya upaya kerja sama tersebut telah ada dan sudah pernah dilaksanakan, sehingga secara prinsip saat ini kedua instansi ini hanya perlu menajamkan sasaran dan memperkuat pelaksanaannya.(upt)