Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Peningkatan Produktivitas dan Wirausaha Baru Produktif di Kota Pontianak Tahun 2019
19 Agustus 2019, 14:11:31 Operator Web Disnaker

Share to Facebook

Pelaksanaan Kegiatan Pelatihan Peningkatan Produktivitas dan Wirausaha Baru Produktif di Kota Pontianak Tahun 2019

Pontianak, Kewirausahaan menjadi salah satu aspek pembangunan berkelanjutan global. Hal ini tertuang dalam pilar Sustainable Development Goal’s (SDG’s) yaitu kualitas pendidikan yang didalamnya menargetkan bahwa pada tahun 2030 meningkatkan secara signifikan kaum muda dan dewasa yang memiliki keterampilan yang relevan, termasuk keterampilan teknis dan kejuruan, untuk pekerjaan, kerja layak dan kewirausahaan.

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Tenaga dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat, Drs. Ignasius IK, SH, M.Si dalam sambutannya dalam acara Pembukaan Pelatihan Wirausaha Baru Produktif dan Peningkatan Produktivitas Angkatan I di Kota Pontianak.

Dalam sambutannya, Ignasius mengatakan bahwa kondisi saat ini sedang menghadapi berbagai masalah sekaligus tantangan antara lain. Pertama, ketidakseimbangan antara pencari kerja dengan lapangan kerja produktif, disamping itu rendahnya kualitas angkatan kerja. Kedua, kurangnya motivasi dan mindset masyarakat untuk menciptakan lapangan kerja sebagai wirausaha (usaha mandiri). Pada umumnya masyarakat cenderung bersifat pasif dan cenderung senang mencari pekerjaan atau bekerja pada orang lain.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat menyampaikan bahwa produktivitas merupakan salah satu indikator penting dalam aktivitas ekonomi, produktivitas merupakan daya ungkit bagi pertumbuhan ekonomi nasional dalam jangka panjang. Berdasarkan data yang diperoleh, kondisi produktivitas tenaga kerja Tahun 2018 di Kalimantan Barat dari 17 lapangan usaha, terbesar pada lapangan usaha Real Estate, kemudian Informasi dan Komunikasi, Jasa Keuangan dan Asuransi, Pertambangan dan Penggalian, Industri Pengolahan, dan diikuti oleh lapangan usaha lainnya. Diharapkan kepada semua pelaku usaha maupun yang akan membangun usaha untuk memenuhi kebutuhan peningkatan produktivitas ada beberapa hal yang perlu dilakukan, salah satunya dengan peningkatan produktivitas tenaga kerja dan penguatan daya saing perusahaan. Apabila produktivitas perusahaan telah meningkat maka para pekerja diperusahaan tersebut juga turut merasakan manfaat dalam bentuk kondisi kerja akan lebih baik dan penghasilan akan meningkat. Bila pekerja dan perusahaan sudah berada pada taraf yang kondusif, baik dari gaji pekerja maupun keuntungan perusahaan, maka pelanggan atau konsumen pun merasakan manfaat dalam bentuk pelayanan prima kepada pelanggan.