May Day 2019
22 April 2019, 09:51:56 Administrator

Share to Facebook

May Day 2019

“MAY DAY, TOGETHER WE GROW”

Hari buruh/may day merupakan hari libur tahunan  yang berawal dari usaha gerakan serikat buruh untuk merayakan keberhasilan ekonomi dan sosial para buruh. Berdasarkan Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 24 Tahun 2013 tanggal 29 Juni 2013 ditetapkan bahwa tanggal 1 Mei sebagai hari libur nasional dalam rangka memperingati hari buruh internasional, dimana semua pekerja/buruh maupun serikat pekerja/serikat buruh yang ada di dunia termasuk Indonesia memperingatinya.

Hari buruh atau yang dikenal dengan May day tinggal hitungan hari. May day diperingati setiap tanggal  1 Mei yang tahun ini di 2019 jatuh pada hari  Rabu. Tema May Day secara nasional untuk tahun ini adalah “MAY DAY, TOGETHER WE GROW” secara harfiah yang artinya “BERSAMA KITA TUMBUH”. Dengan tema tersebut diharapkan semua pelaku hubungan industrial yaitu Pemerintah, pengusaha dan pekerja bisa bersinergis untuk menuju kesejahteraan bersama.

Maka berkenaan dengan May Day Gubernur Kalimantan Barat telah mengeluarkan Surat Edaran Nomor: 560/1116/NT.HIJSTK-3 tanggal 18 April 2019 hal Menyikapi May Day. Sejalan dengan hal-hal tersebut guna menciptakan suasana yang kondusif, aman dan menumbuhkan semangat kekeluargaan di seluruh kabupaten/kota se Provinsi Kalimantan Barat. Pada peringatan May Day 2019 agar para Bupati/Walikota memerintahkan seluruh perusahaan yang berada di Kota/Kabupaten untuk melaksanakan berbagai kegiatan positif, dapat berupa bakti sosial, pengobatan gratis, sunatan massal, senam massal, donor darah, jalan sehat dan perlombaan/pertandingan serta pemberian penghargaan yang melibatkan pekerja/buruh dan memasang spanduk/baleho serta memerintahkan Dinas yang membidangi ketenagakerjaan untuk melaksanakan monitoring, menerima dan menyikapi pengaduan dan laporan masyarakat maupun pekerja pada peringatan May Day 2019 dengan membentuk posko May Day 2019.

Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi  beralamat di Jalan A. Yani No. 6 Pontianak pada hari Rabu, tanggal 1 Mei 2019 membentuk Posko May Day dari Pukul 08.00 WIB s/d 17.00 WIB. Sehingga masyarakat, pengusaha dan pekerja/buruh bisa  melaporkan apabila ada rencana/atau kegiatan yang dapat mengganggu keamanan dan kondusif Wilayah Provinsi Kalimantan Barat.