Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional Tahun 2019 Pada DInas Tenaga Kerja dan Trasnmigrasi Provinsi Kalimantan Barat.
07 Februari 2019, 14:46:19 Operator Web Disnaker

Share to Facebook

Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja  (K3) Nasional Tahun 2019 Pada DInas Tenaga Kerja dan Trasnmigrasi Provinsi Kalimantan Barat.

Senam dan Jalan Santai beserta Upacara Memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja  (K3) Nasional Tahun 2019 Pada Dinas Tenaga Kerja dan Trasnmigrasi Provinsi Kalimantan Barat Senin (4/2/2019).

Upacara bertema Wujudkan Kemandirian Masyarakat Indonesia Berbudaya Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Untuk Mendukung Stabilitas Ekonomi Nasional ini diikuti oleh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) di lingkungan Disnakertrans Provinsi Kalbar.

Wagub Kalbar H Ria Norsan mengimbau semua pihak untuk melakukan upaya konkrit terhadap pelaksanaan K3 di lingkungan masing-masing. Budaya K3 harus benar-benar terwujud di setiap tempat seluruh tanah air.

"Pemerintah mengajak seluruh stakeholder baik itu pengusaha, serikat pekerja, pekerja dan masyarakat untuk terus meningkatkan kesadaran akan pentingnya K3 serta pengawasannya," ungkapnya saat bacakan sambutan Menteri Ketenagakerjaan Republik Indonesia. 

Kecelakaan kerja tidak hanya menyebabkan kematian, kerugian materi, moril dan pencemaran lingkungan saja. Namun, musibah itu juga dapat pengaruhi produktivitas dan kesejahteraan masyarakat.

"Kecelakaan kerja juga mempengaruhi Indeks Pembangunan Manusia (IPM) dan daya saing nasional," terangnya.

Mantan Bupati Mempawah itu memaparkan berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) pada Agustus 2018, 58,76 persen dari total angkatan kerja Indonesia adalah tamatan SMP ke bawah.

"Kenyataan ini tentunya berdampak pada kesadaran akan pentingnya perilaku selamat dalam bekerja," imbuhnya.

Di sisi lain, angka keselamatan kerja sepanjang tahun 2018 sebanyak 157.313 kasus. Hal ini berdasarkan data Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Indonesia.