Penyerahan Penghargaan Kualitas dan Produktivitas (SIDHAKARYA) Tahun 2016 Provinsi Kalimantan Barat
10 Desember 2016, 06:44:44 Administrator

Share to Facebook

Penyerahan Penghargaan Kualitas dan Produktivitas (SIDHAKARYA) Tahun 2016 Provinsi Kalimantan Barat

Pontianak – Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat melalui program / kegiatan Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia menyelenggarakan acara Penyerahan Penghargaan Kualitas dan Prodiktivitas (Sidhakarya) Tahun 2016. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 9 Desember 2016 lalu, dibuka oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalimantan Barat dan dihadiri oleh pejabat Direktorat Bina Produktivitas Kementerian Ketenagakerjaan R.I., pejabat Dinas Sosial dan Tenaga Kerja Kota Pontianak, pejabat Dinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kab. Kubu Raya, serta perusahaan UMKM.


Penghargaan Kualitas dan Produktivitas (Sidhakarya) ini ditujukan untuk perusahaan yang bergerak di bidang UMKM. UMKM merupakan salah satu pilar penggerak perekonomian nasional maupun daerah. Sektor UMKM telah terbukti tangguh, manakala ketika terjadi Krisis Ekonomi 1998, yang mana hanya sektor UMKM yang bertahan dari kolapsnya ekonomi, sementara sektor yang lebih besar justru tumbang oleh krisis.


Di Provinsi Kalimantan Barat terdapat 108.010 UMKM yang mempunyai peranan yang sangat penting dalam menunjang laju pertumbuhan ekonomi, tercatat UMKM mampu menyerap sebanyak 328.607 tenaga kerja atau 14,26 persen dari jumlah penduduk yang bekerja di Kalimantan Barat.


Dalam sambutannya, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmirgasi Provinsi Kalimantan Barat, M. Ridwan menyampaikan filosofi “Hari ini harus lebih baik dari hari kemarin dan hari esok harus lebih baik dari hari ini”. Apabila filosofi itu diterapkan kedalam ketenagakerjaan, produtivitas tenaga kerja di Kalimantan Barat dapat meningkat dengan semangat dan kinerja tinggi dan apa yang menjadi cita-cita kita dapat tercapai.


Terdapat 6 perusahaan UMKM yang meraih penghargaan Sidhakarya ini. Penghargaan Sidhakarya ini dibagi menjadi 3 kriteria yaitu Mulai Menghasilkan, Mulai Berbenah dan Berkinerja Baik. Perusahaan yang termasuk ke dalam kriteria “Mulai Menghasilkan” adalah UKM Slondok dan UKM Gustom, sementara UKM Tifanny, termasuk kedalam kriteria “Mulai Berbenah”, dan 3 perusahaan yang meraih kriteria “Berkinerja Baik” adalah Perusahaan Juskin Aloevera, Perusahaan Palmia Borneo Lestari dan CV. Dua Putri Kembar. -JAB-