Pembukaan Seleksi Daerah Asean Skill Competition XI Tahun 2015
06 Oktober 2015, 09:15:00 Operator Web Disnaker

Share to Facebook

Acara yang berlangsung pada hari Senin (05/10/15) ini, dihadiri oleh Direktur Standarisasi Kompetensi dan Program Pelatihan Ditjen Binalattas Kementerian Tenaga Kerja RI, Tamu Undangan, Para Pejabat Esslon III di lingkungan Disnakertrans Prov. Kalbar, dan Penyelia / Juri baik dari pusat maupun daerah, serta para peserta seleksi daerah Asean Skill Competitions (ASC) XI Tahun 2015.

Acara pembukaan yang dimulai pada pukul 08:00 WIB ini, dibuka langsung secara resmi oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Provinsi Kalbar dan memberikan kata sambutan. Pada kesempatan itu, beliau menegaskan " SDM merupakan salah satu faktor kunci dalam tuntutan globalisasi, yakni bagaimana menciptakan SDM yang berkualitas dan memiliki keterampilan serta berdaya saing tinggi. Upaya meningkatkan daya saing dan membangun keunggulan kompetitif bagi SDM Indonesia tidak dapat ditunda-tunda lagi dan sudah selayaknya menjadi perhatian berbagai kalangan, bukan saja pemerintah, lembaga pendidikan dan pelatihan, tetapi juga bagi industri, asosiasi profesi serta anggota masyarakat."

Asean Skill Competition (ASC) merupakan kompetisi keterampilan tingkat Negara-negara ASEAN, dimana pada tahun 2015 ASC ke-11 akan diselenggarakan di Negara Malaysia. Indonesia sebagai salah satu negara peserta ASC, telah berpartisipasi sejak ASC I pada tahun 1996, dan pada tahun 2012 (ASC IX), Indonesia ditunjuk sebagai penyelenggara dan sukses meraih prestasi terbaik sebagai juara umum pada tahun 2012 tersebut.

Pencapaian yang telah diperoleh tentu melalui proses yang panjang. Seleksi daerah calon kompetitor merupakan upaya-upaya untuk memenuhi calon kompetitor yang potensial untuk berpartisipasi dalam ASC XI tahun 2015, yang selanjutnya akan dilatih melalui proses pemusatan latihan / training center (TC)

Khusus pada tahun 2012, perwakilan Provinsi Kalimantan Barat dari SMKN 5 Pontianak mendapat juara umum tingkat ASEAN pada jurusan Beauty Therapy, atas nama " Iza Ulumi Putra", yang hingga saat ini masih bekerja dan berdomisili di Jepang.